November 17, 2009

0 Tips Jitu Meningkatkan Rangking Blog

Sudah banyak sebenarnya posting tentang alexa rank. Ada yang menerangkan tentang apa itu alexa rank, untuk apa alexa rank, pengaruhnya terhadap iklan, cara menaikan alexa rank, dan sebagainya. Bermacam-macam cara dan trik yang sudah dituliskan, yang bisa jadi malah membingungkan bagi pemula. Kadang-kadang ada beberapa cara yang dianjurkan seseorang sepertinya bertentangan dengan yang lainnya.

Tidak ada masalah sebenarnya apapun trik yang dilakukan. Mereka yang memberikan trik pada dasarnya atas dasar pengalaman yang telah didapatkan. Jadi, tidak soal apakah mau mengikuti cara si A, B, atau C. Atau bisa jadi menggabungkan berbagai macam cara, siapa tahu hasilnya lebih paten. Atau punya trik sendiri yang mungkin lebih bagus dari yang sudah ada. Nah, yang terakhir ini boleh bagi-bagi ke sini.

Pengalaman di blog ini sendiri kurang lebih seperti biasa, sebagai pemula, telah mencoba beberapa macam trik yang disarankan. Hasilnya ? macam-macam. Pernah suatu ketika mencoba satu trik dan yang terjadi malah terjun bebas ke angka 6 jutaan, padahal sebelumnya di angka 3 jutaan. Mencoba trik yang lain, hasilnya tidak jauh berbeda. Akhirnya, biarlah apa adanya, toh bukan blog khusus bisnis juga.

Tetapi sambil iseng dicoba juga beberapa cara. Siapa tahu, kalau iseng biasanya suka berhasil. Cara yang dilakukan sederhana saja, pertama menambahkan widget alexa. Kedua, menambahkan "Sparky" - The Alexa Toolbar for Firefox pada browser mozilla firefox. Ketiga menjadikan blog sebagai Main Home Page pada browser atau bisa juga dengan mem-bookmark blog. Keempat, menambahkan fasilitas ping otomatis ketika posting. Kelima, posting rutin secara berkala. Dan keenam, membuat link antar posting yang satu dengan yang lainnya.

Begitu kita membuat blog, meski tidak untuk tujuan mencari uang (moneyblog) tetap saja kita tertarik untuk memperhatikan parameter yang sering digunakan dan dikaitkan dengan urusan blogging, seperti ranking Alexa, Google pagerank, trafik dan sebagainya. Barangkali sebagian Anda tidak setuju, silakan saja :D Namun bila Anda tertarik, langkah-langkah standar dan mudah berikut ini sudah banyak terbukti membantu meningkatkan Alexa rank:

1. Pasang Alexa Widget
Dengan memasang widget Alexa berarti Anda telah memasukkan blog Anda dalam database Alexa sehingga setiap pengunjung blog Anda akan tercatat melalui javascript widget tersebut. Ini merupakan cara paling penting namun mudah dilakukan, cukup copy paste script yang bisa kita download dari situs Alexa. Anda bisa klik link di bawah ini untuk mendapatkan script tersebut.

2. Pasang Alexa Toolbar
Fungsi dari Alexa toolbar ini adalah untuk menghimpun data dari pengguna toolbar tersebut tentang halaman apa saja yang diakses. Jadi bila Anda memasang toolbar ini dan menjadikan blog/website Anda sebagai homepage dari browser yang Anda pakai, tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan ranking Alexa.

Prinsip kerjanya bukan hanya blog atau website Anda saja, melainkan setiap website yang dikunjungi oleh browser yang terinstall toolbar ini. Tapi, bukankah blog/website Anda sendiri yang sering Anda kunjungi :) .

Toolbar Alexa ini dibedakan untuk browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Silakan klik link di bawah ini sesuai browser yang Anda gunakan.

FireFox:

Internet Explorer:

3. Tingkatkan Trafik Pengunjung
Pada dasarnya inilah fungsi dari Alexa rank, untuk meranking blog/website berdasarkan pengunjung atau popularitas suatu website. Semakin banyak pengunjung suatu wesite maka peringkat Alexa-nya pun semakin baik.

4. Buat Posting Tentang Alexa
Sebenarnya hal ini lebih ke arah poin no. 3, yakni meningkatkan pengunjung, karena seperti kita tahu banyak blogger yang tertarik tentang Alexa rank ini, termasuk di dalamnya tips dan cara-cara untuk menaikkan ranking Alexa. Jadi dengan posting tentang Alexa diharapkan akan mendapatkan aliran trafik ke website atau blog yang membahas Alexa.

Saya kira dengan cara-cara di atas sudah cukup untuk meningkatkan ranking Alexa blog Anda.

No comments:

Post a Comment

Blog Keperawatan di Facebook