December 8, 2011

6 TELENURSING

Berikut adalah beberapa pengertian dari telenursing : Telenursing adalah pemberian servis dan perawatan oleh perawat dengan menggunakan telekomunikasi, meningkatkan akses untuk tindakan keperawatan kepada pasien pada lokasi yang jauh atau terpencil (sumber : findarticles. com). Telenursing adalah upaya penggunaan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan keperawatan dalam bagian pelayanan kesehatan dimana ada jarak secara fisik yang jauh antara perawat dan pasien, atau antara beberapa perawat. Sebagai bagian dari telehealth dan beberapa bagian terkait dengan aplikasi bidang medis dan non medis seperti telediagnosis, telekonsultasi dan telemonitoring (sumber : wikipedia). Telenursing menunjukkan penggunaan tehnologi komunikasi oleh perawat untuk meningkatkan perawatan pasien. Telenursing menggunakan channel elektromagnetik (wire, radio, optical) untuk mengirim suara, data dan sinyal video komunikasi. Dapat juga didefinisikan sebagai komunikasi jarak jauh menggunakan transmisi elektrik atau optic antara manusia dan atau computer (sumber : ICN). Telenursing diartikan sebagai pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan keperawatan jarak-jauh. Aplikasinya saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai peralatan video conference. Telenursing bagian integral dari telemedicine atau telehealth (sumber : www.inna-ppni.or.id). Anda tertarik untuk mengenal Telenursing secara lengkap, silahkan download artikel lengkapnya DI SINI

1 Konsep Dasar Kesehatan Jiwa

Pengertian 
Indicator of mental health include positive attitude toward self, growth, development, self actualization, intregration, autonomy, reality perception & environmental mastery. (indikator sehat jiwa meliputi sikap yang positif terhadap diri sendiri, tumbuh, berkembang, memiliki aktualisasi diri, keutuhan, kebebasan diri, memiliki persepsi sesuai kenyataan dan kecakapan dalam beradaptasi dengan lingkungan) (Stuart & Laraia, Principle and practice psychiatric nursing, 1998) (Yahoda).
Kes. Jiwa bukan hanya suatu keadaan tdk ganguan jiwa, melainkan mengandung berbagai karakteristik yg adalah perawatan langsung, komunikasi dan management, bersifat positif yg menggambarkan keselarasan dan keseimbangan kejiwaan yg mencerminkan kedewasaan kepribadian yg bersangkutan. (WHO).
Kondisi yg memungkinkan perkembangan fisik, intelektual emosional secara optimal dari seseorang dan perkebangan ini selaras dgn orang lain. (UU Kesehatan Jiwa No.3 Tahun 1996).

Silahkan download artikel lengkapnya di bawah :

December 7, 2011

7 Kode Etik Keperawatan

Kode Etik Keperawatan merupakan bagian dari etika kesehatan yang menerapkan nilai etika terhadap bidang pemeliharaan atau pelayanan kesehatan masyarakat. Tujuan Kode Etik Keperawatan agar perawat dapat menghargai dan menghormati martabat manusia dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya.
Tujuan :

  1. Merupakan dasar dalam mengatur hubungan antar perawat, klien, teman sebaya, masyarakat dan unsur profesi baik dalam profesi keperawatan sendiri maupun hubungannya dengan profesi lain di luar profesi keperawatan 
  2. Standar untuk mengatasi masalah yang dilakukan oleh praktisi keperawatan 
  3. Untuk melindungi praktisi yang diperlakukan secara tidak adil oleh institusi maupun masyarakat 
  4. Dasar dalam menyusun kurikulum pendidikan keperawatan 
  5. Memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya sikap profesional dalam melaksanakan tugas praktik keperawatan
Silahkan download file ppt lengkapnya di sini

April 13, 2011

2 Dapet Stylish Blogger Award dari Mas Agung





Award di atas kayanya terlalu keren mengingat style blog ini sangat sederhana, tapi Alhamdulillah ada juga sobat blogger yang memberikannya. terima kasih kepada sobat Agung X-Zeg yang telah memberikan award ini. Mudah mudahan award ini makin memperkuat persahabatan antar blogger.

Blog Keperawatan Indonesia awalnya iseng kubuat untuk menyalurkan beberapa artikel keperawatan yang numpuk di drive pc ku. Setelah belajar blogging dan mengetahui sedikit demi sedikit tentang blogging, jadi keterusan sampe bangga juga dapet PR 2 walau alexa rank agak jeblok, hehehe.

Karena amanat dari sang pemberi Award bahea award ini harus diberikan pada beberapa sobat blogger lainnya, maka saya berikan award ini kepada :
1. Zona Indonesia
2. Hacker Blitar Sejati
3. HTC - Hidden technology Community
4. Bhotol's Weblog
5. Dasar Bisnis Online
6. Bagus Andryan
7. Bicarabola.com
8. Medianers

Seperti yang dijelaskan oleh pemberi Award ini sebelumnya, buat sobat blogger yang ngambil Award ini nantinya harus ngikutin beberapa peraturan, diantaranya:

1. Ucapan Terima Kasih
Memberikan ucapan terimakasih dan menaruh link nya terhadap yang memberikan award ini

2. Tentang Sobat Blogger
Ceritakan sedikit mengenai diri/blog sobat blogger

3. Forward "Stylish Blogger Award"
Berikan award ini kepada 8 teman blogger anda yang sering berkunjung ke blog sobat blogger

Award ini merupakan simbol persahabatan antara kita sesama blogger. jadi gw harap sobat blogger mau menyediakan waktu buat nulis tentang Award ini di dalam postingan sobat, selanjutnya berikan Award ini ke 8 teman milik sobat.

February 2, 2011

5 Permenkes Tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Perawat

Ditengah maju mundurnya penggojlokkan RUU Keperawatan oleh DPR, pada tahun 2010 pemerintah mengeluarkan suatu peraturan mengenai Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Perawat. dalam permenkes ini, dibahas megenai hak dan kewajiban perawat dalam melaksanakan praktik keperawatan, Setelah dibaca, masih banyak kekurangan mengenai kewenangan perawat dalam melaksanakan praktik mandiri, perawat diizinkan hanya memberikan asuhan keperawatan saja dan diperbolehkan memberikan pelayanan kesehatan diluar kewenangan dalam kondisi emergensi atau berada di daerah yang tidak memiliki tenaga dokter. Jangan cuma merasa senang atau putus asa, silahkan DOWNLOAD SECARA GRATIS serta baca dan pahami Permenkes nya secara lengkap, agar perawat tidak dikejar oleh Mal Praktik.

January 22, 2011

5 Kejujuran Hati

Blogging buat saya adalah penyaluran hobi serta energi sebagai tumpahan emosional yang mudah-mudahan menimbulkan efek positif baik bagi saya maupun pengunjung blog ini. Dalam suatu tips SEO, yang terpenting adalah kejujuran dalam melakukan posting, dan inilah yang sedang saya coba lakukan.
Berangkat dari pengalaman minim akan keperawatan karena saya hanya seorang lulusan D3 Keperawatan yang hobi berselancar di dunia maya untuk melakukan social networking ataupun gaming. Akhirnya suatu saat saya memiliki ide untuk mencoba membuat sebuah blog. dimulai dari wordpress yang sedikit membingunkan sampai akhirnya mencoba mendalami blogspot. 
Hal pertama dalam blog saya dulu adalah uraian isi hati tanpa memperdulikan isinya akan bermanfaat atau malah kacau, yang penting nulis dan post. tujuannya ga tentu, kadang diary, kadang gambar, video dan lain lain. ya, namanya juga newbie yg kebangetan gaptek nya.
Lalu suatu ketika, saya kembali membaca KTI hasil karya selama kuliah, wah setelah ku cek file keperawatan baik itu yang berupa askep, artikel, video, dan segala macam tentang keperawatan di drive pc saya banyak juga. karena agak malas bila setiap saat harus nulis, ya udah tampilin aja lah semua nursing stuff yang ada di PC ke blog. 
Perlahan saya pun mulai mengenal istilah-istilah blogging lainnya, wah ternyata blog yang saya buat, walau sudah lumayan banyak post nya tetep ja ga bakal da visitor kalo di diemin aja. mulai deh surving belajar promosiin blog, bukan untuk bisnis sih, toh nyatanya di blog ini tidak ada unsur bisnisnya, semuanya murni share aja. Nah mulai desh saya mndalami apa itu Search engine optimization (SEO), submit blog ke google, yahoo dan berbagai search engine lainnya sampai mengikuti ke alexa, technorati, mypagerank, mybloglog, feedburner dan lainnya. Alhasil, sekarang alhamdulillah saya bisa mendapatkan PR 2, walau ga ngerti koq bisa dapet ya. ah yang penting gaya aja udah dapet PR alias Google Page Rank. 
Ternyata kejujuran berbuah manis, akhirnya saya mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang menyempatkan diri mampir di sini, Semua hal disini adalah curahan hati saya, bila ada pihak yang kurang berkenan, mohon tulis di kolom komentar, post apa saja yang tidak anda sukai, insyaallah akan saya revisi. karena tidak ada suatu perbaikan bila tidak ada koreksi di bagian mana salahnya. Blogging adalah hobi saya, bukan untuk bisnis ataupun usaha meraup uang, semuanya saya lakukan untuk menyalurkan energi ke hal positif.

Blog Keperawatan di Facebook